Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan metode yang dapat anda lakukan dalam memonetisasi blog anda. Yaa, maksud saya cara untuk mendatangkan pendapatan melalui blogging. Menghasilkan uang melalui blogging bukanlah hal yang mudah tetapi tidak mustahil untuk didapatkan.

Pengalaman Pribadi
Saya mulai membuat blog sejak tahun 2015 di kala  saya masih kelas 1 SMK. Saat itu, saya ngeblog karena saya hobi dan saya tidak tahu bahwa dengan ngeblog bisa menghasilkan uang. Nah, setelah beberapa bulan ngeblog, saya mulai bergabung dengan grup-grup blogger di facebook.
Perlahan-lahan saya mulai mengetahuinya dan sudah mulai paham bagaimana menghasilkan uang dengan blog.

Hal yang Perlu Untuk Online Income Melalui Blogging

Menghasilkan uang online sebenarnya mudah alias tidak terlalu sulit. Nah, dengan ngeblog anda bisa menghasilkan uang secara gratis tanpa perlu deposit seperti bisnis HYIP dan lainnya. Berikut saya berikan hal-hal yang perlu anda lakukan untuk mulai menghasilkan uang melalui blog anda.
1. Buat blog
    Langkah pertama adalah mulai membuat sebuah blog. Dalam membuat blog, anda harus buat blog yang sering dikunjungi orang. Bagi orang awam pasti bertanya, dimanakah saya bisa membuat blog? Pertanyaan yang wajar dan sangat bagus. Saat ini, ada 2 platform gratisan populer yang dapat anda pilih untuk mulai membuat sebuah blog. Mereka ialah Wordpress dan Blogger. Tergantung dari anda untuk mulai menggunakan yang mana yang menurut anda lebih baik. Buatlah blog dengan nama yang menarik dan gampang untuk diingat pembaca.

2. Mulai Menulis Konten yang Berguna
    Jika anda telah siap dalam membuat dan mensetup blog anda, maka anda bisa mulai menulis sebuah konten. Buatlah konten yang berguna bagi para pembaca. Jangan pernah meng-copypaste artikel dari blog lain. Artikel anda haruslah artikel yang original dan lulus copyscape. Konten anda juga harus unik. Bot Google suka dengan postingan yang unik dan tentunya original.

3. Mulailah Mencari Pembaca
    Sebenarnya anda tidak perlu mencari pembaca jika artikel anda mampu bersaing di page one Google. Tapi juga tidak ada salahnya. Anda dapat mempromosikan blog anda melalui sosial media seperti facebook dan lainnya.

4. Lakukan Interaksi Dengan Para Reader
    Melakukan interaksi dengan para pembaca adalah hal yang penting. Ini penting dalam membangun pandangan mereka terhadap anda sebagai admin blog yang ramah dan bersahabat.

Nah, 4 hal diatas menurut saya mutlak untuk anda penuhi. Penting dalam membangun trafik anda. Pastikan trafik anda adalah real human dan bukan bot atau auto viewers sejenisnya. Dalam menghasilkan uang melalui blog, trafik adalah hal nomor satu. Jangan memikirkan penghasilan jika trafik anda masih minim. Saya tidak bilang bahwa dengan trafik minim anda tidak bisa menghasilkan uang. Bisa tapi tentunya pasti akan lama dan sangat tidak memuaskan. Jika trafik anda sudah memuaskan, maka saya akan berikan cara untuk menghasilkan uang online melalui blog anda. Jangan sia-siakan trafik anda yang banyak tidak menghasilkan apa-apa buat anda.
1. Periklanan
    Saat ini, advertising adalah sumber pendapatan terbesar para blogger. Pesatnya kemajuan teknologi berimbas pada besarnya kemajuan dunia periklanan. Tak cukup melalui pertelevisian, para pengiklan bahkan mulai menebar jaring melalui internet. Tentunya ini sangat menguntungkan para penulis blog. Dan si pengiklan pun akan untung karna produk mereka akan semakin terkenal. Antara pengiklan dan penayang akan menjalin hubungan yang sama-sama menguntungkan. Saat ini ada banyak sekali website periklanan yang dapat anda gunakan. Di blog ini saya juga telah menulis artikel tentang Daftar Situs Periklanan Terbukti Membayar. Anda bisa pilih salah satu diantaranya. Sistemnya sangat gampang. Anda hanya perlu untuk menyediakan spot tertentu pada blog anda untuk dipasangi iklan oleh advertisers. Iklannya bisa berupa banner, teks ataupun popunder dan lainnya. Sebagai penayang yang memperhatikan kenyamanan pembaca, pilihlah iklan yang tidak mengganggu blog anda. Iklan yang mengganggu bisa menghilangkan visitor anda. Mereka yang terganggu bisa memilih blog lain ketimbang blog anda. Iklan yang user friendly akan sangat berdampak baik buat blog anda dan pendapatan anda.
    Kalau saya secara pribadi lebih memilih Google Adsense ketimbang web advertising lainnya. Anda bisa baca Alasan Memilih Adsense Sebagai Program CPC Pilihan di blog ini.

2. Program Afiliasi
    Selain periklanan, program afiliasi juga bakal memberikan pendapatan yang tinggi buat anda. Ada banyak situs diluar sana yang dapat anda gunakan sebagai program afiliasi yang baik buat anda. Sebagai contoh anda bisa baca Bestchange Bisnis Afiliasi yang Terbukti Membayar Mahal. Program afiliasi maksudnya ialah saat kita mengajak seseorang untuk bergabung dengan sistem yang kita tawarkan. Contoh situs yang menawarkan program afiliasi adalah Bestchange, Yoonla, Amazon, Bukalapak dan masih banyak lagi. Selain itu, jika anda juga pemain HYIP dan crytocurrency, anda bisa memasang banner afiliasi di blog anda.

3. Kontes Blogging
    Kontes blogging mungkin akan lebih berat ketimbang jalan lainnya. Berat tetapi bukan berarti tidak mungkin. Malah ini akan sangat bagus buat anda. Anda bisa bersaing dengan blogger lain dan menguji skill di dalam dunia blogging. Ikut kontes blogging akan memberikan keuntungan ganda bagi anda. Selain adu skill, juga bisa untuk mendapatkan uang yang ditawarkan.

4. Recurring Income
    Mungkin cara menghasilkan uang melalui blogging dengan metode ini jarang anda dengar atau barangkali tidak pernah dengar dan tidak mengerti sama sekali. Maksud dari metode ini ialah anda meminta sejumlah bayaran kepaca pembaca untuk mengakses konten-konten premium dan lainnya. Anda bisa meminta basis bulanan dan tahunan.

5. Minta Donasi
    Meminta donasi bisa anda lakukan di blog dengan memasang widget Please Donate yang dimiliki oleh Paypal. Anda hanya perlu memasangnya. Memang tidak terlalu efektif tetapi bukan berarti tidak mungkin bisa dapat uang. Satu atau dua orang pasti bakalan mau mengirimkan sejumlah donasi buat anda. Mereka bakalan paham apa artinya itu. Umumnya ini akan efektif bagi visitor asal luar negeri. Mereka lebih tahu cara berterimakasih atas info yang mereka dapatkan.

6. Promosi Bisnis
    Banyak para pebisnis yang ingin membangun bisnis mempromosikan bisnis mereka melalui internet agar bisnis mereka terkenal. Mereka bisa saja untuk memperkenalkan atau mencari investor baru.

7. Pelayanan
    Ini adalah salah satu metode efektif yang sebagian besar digunakan untuk mendapatkan uang online. Blogger menawarkan jasa mereka mulai dari training, coaching, konsultasi, design grafik dan berbagai layanan freelance lainnya.

8. Jual Produk
   Dengan blog anda bisa mulai membangun online store anda. Anda bisa menjual produk buatan tangan anda ataupun bermain dropshit internasional seperti shopify. Tentunya anda harus menjadi orang yang jujur dalam melakukan bisnis ini. Produk yang dapat anda jual juga banyak. Anda bisa menjual ebook/book, template/tema blog, desain, fotografi dan lainnya.

9. Jual Blog Anda
    Menjual blog adalah cara yang paling terakhir bagi anda yang ingin pensiun dari dunia blogging. Sebenarnya ini tidak perlu dilakukan jika hanya beralasan malas ngeblog karena tidak menghasilkan apa-apa buat anda. Namun setiap orang punya pilihan. Jika anda memutuskan menjual blog anda, anda bisa menjualnya diberbagai situs tempat jual blog atau website.

Bagikan Biar Blogger/Orang Lain Tahu
Saya harap artikel ini berarti besar buat anda para pembaca. Saya senang jika dengan artikel ini anda mendapatkan pemikiran atau motivasi yang baru. Bantu bagikan kepada yang lain agar mereka sama-sama tahu bagaimana cara menghasilkan uang online melalui blog yang mereka kelola...
    

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog"

Post a Comment