Cara Meningkatkan Pendapatan Dari Adsense

Google Adsense memang idaman bagi para blogger untuk mendapatkan pendapatan lebih dengan menjadi penayangnya atau biasa disebut Adsense Publishers. Namun, belakangan ini banyak dari para penayang adsense yang mengeluh dengan minimnya pendapatan yang mereka raih. Sebenarnya mereka harus tahu apa sebabnya pendapatan mereka minim. Setelah tahu jawabannya, maka cari solusi untuk meningkatkan income anda dari Adsense ini. Mengeluh bukanlah jawaban. Ada banyak blog di luar sana yang menulis artikel tentang "cara meningkatkan pendapatan dari adsense". Jika anda ingin pendapatan adsense anda meningkat, maka anda perlu surfing ke blog-blog lain untuk mencari-cari ide dan inspirasi.

Sebelum anda mengetahui cara meningkatkan pendapatan dari adsense, maka anda perlu tahu dulu sebab akibat rendahnya pendapatan adsense anda. Pendapatan adsense yang rendah bisa terjadi karena faktor trafik yang sedikit, jumlah klik yang didapatkan sedikit dan nilai BPK yang rendah. 

Trafik yang sedikit

Jika anda memiliki trafik sekitar 500 per hari, menurut saya itu tidak cukup. Untuk mendapatkan penghasilan maksimal dari adsense, anda harus memiliki setidaknya 1000 page views setiap harinya dengan visitor unik dan real human. Bukan hasil dari jigling dan auto surfing. Untuk mendapatkan trafik 1000 per hari, anda harus rajin update artikel satu sampai dua artikel setiap harinya. Tentunya artikel anda harus berkualitas dan original, bukan hasil copy paste sana sini. 

Klik yang sedikit

Klik sedikit yang anda dapatkan bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa saja karena trafik anda minim atau penempatan iklan anda yang tidak strategis. Jika iklan anda strategis maka klik akan datang sendiri tanpa minta klik cendol ke orang lain seperti yang umum tampak pada grup Blogger Indonesia di facebook. 

Klik banyak tapi penghasilan adsense sedikit

Sebenarnya jumlah klik kurang berpengaruh jika BPK anda kecil. Yang paling penting dalam peningkatan pendapatan adsense adalah nilai BPK yang tinggi. Jika BPK anda rendah, namun anda mendapatkan banyak klik, itu sama saja pendapatan adsense anda masih minim. Tapi jika klik anda banyak ditambah dengan nilai BPK yang tinggi, maka pendapatan adsense anda akan sesuai harapan.

Dengan memperhatikan 3 contoh penyebab minimnya pendapatan adsense di atas, maka saya akan berikan beberapa solusi untuk meningkatkan pendapatan adsense anda.

Meningkatkan trafik blog

Ini adalah hal yang paling dasar yang harus anda lakukan untuk menunjang pendapatan adsense. Anda harus rajin baca-baca artikel di blog-blog lain untuk mengetahui cara meningkatkan trafik blog. Tenang saya akan beri beberapa cara agar trafik anda meningkat.

Pertama, sebelum menulis artikel, saya sarankan gunakan Google Keyword Planner untuk riset keywordnya. Ingat, Keyword Research adalah hal yang terpenting bukan SEO (Search Engine Optimation). Tentunya riset ini penting untuk menampilkan blog anda pada hasil pencarian Google. Selain Google Keyword Planner, anda bisa menggunakan layanan lain seperti Wordze dan lainnya.

Kedua, anda bisa gunakan Google Trends untuk melihat apa saja hal-hal yang sedang menjadi trending topic sehingga ramai dicari. Dengan mengetahui apa yang sedang trend di dalam Google Penelusuran, maka peluang anda untuk mendapatkan trafik yang banyak semakin besar.

Ketiga, anda bisa mulai menulis artikel. Buat konten yang sering ditelusuri orang-orang yang anda ketahui dari Google Trends lalu gunakan keyword hasil riset di Google Keyword Planner sebagai kata kunci untuk artikel anda. Buatlah konten yang benar-benar unik, lain dari yang lain dan yang pasti harus original dan berkualitas, bukan hasil copy paste sana-sini. Kenapa harus membuat konten yang benar-benar unik dan original? Karena robot Google sangat menyukai konten-konten baru untuk diindex. Selain itu, konten anda harus memiliki setidaknya 300 hingga 500 kata. Anda tidak perlu menghitung jumlah kata secara manual. Anda bisa menggunakan berbagai layanan penghitung kata yang tersedia. 

Keempat, anda harus optimasi artikel anda. Ingat, tanpa SEO (Search Engine Optimation) maka trafik yang banyak sulit anda dapatkan. Untuk masalah SEO, anda bisa mengunjungi Omblogging. Di Omblogging anda akan memahami apa itu SEO dengan mudah karena Omblogging mampu menjelaskan tentang SEO secara lebih interaktif menurut saya.

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk menggenjot visitor dan meningkatkan page views adalah dengan rajin membagikan artikel yang baru anda publishkan. Langkah ini bisa anda sebutkan dengan nama promosi. Promosi yang baik dilakukan untuk menggenjot visitor adalah promosi yang tepat sasaran. Misalnya adalah anda baru saja mempublikasikan artikel tentang Tutorial Ngeblog, maka anda bisa share artikel anda di grup-grup Blogger Indonesia yang ada di facebook. Anda juga bisa share ke grup-grup di Google Plus dan WhatsApp. Mungkin anda ragu untuk share artikel anda. Anda berpikir trafik dari sosial media itu dianggap buruk bagi Google Bot. Sebenarnya itu salah total! Saya pernah berdiskusi dengan blogger asal Nigeria melalui aplikasi WhatsApp, dia menerangkan bahwa trafik dari facebook atau sosial medianya tidak berdampak buruk pada blognya. Trafik yang buruk menurutnya adalah trafik yang langsung menuju url blog. Nah jadi anda tidak perlu takut share artikel anda di sosial media. Mungkin maksud orang-orang bahwa trafik dari sosial media adalah buruk itu karena takut terhadap orang yang berbuat jahat misalnya ngebom klik iklan Adsense kita dan melakukan Jiggling pada blog kita. Tenang itu semua ada solusinya. Anda cuma perlu menerapkan solusinya dan anda tidak perlu ragu-ragu lagi dalam membagikan kiriman anda. Kiriman anda juga tidak boleh dianggap spam oleh sosial media itu sendiri. Jadi, share lah artikel anda tanpa dianggap spam oleh platform sosial media tersebut.

Nah, optimasi artikel bukan langkah terakhir. Anda perlu mengirimkannya ke Google Webmaster Tool untuk diindeks Google. Jangan lupa juga kirim sitemapnya. Bukan hanya Google Webmaster Tool, tapi anda juga harus mengirim artikel anda ke Bing Webmaster Tool dan Yandek atau search engine lainnya untuk diindeks. Trafik anda akan optimal dengan memanfaatkan search engine sebanyak-banyaknya. Konten original dan berkualitas + Riset Keyword + Trending Topics + SEO +Submit Url = Trafik meningkat. Jadi, jika trafik meningkat dan ramai, maka pertanyaan anda tentang bagaimana cara meningkatkan pendapatkan adsense sudah terjawab.

Mengatasi BPK yang kecil

BPK (Biaya Per Klik) atau yang biasa disebut CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang akan anda dapatkan untuk setiap satu kali klik terhadap iklan yang tayang di blog anda. Nilai BPK setiap blog itu berbeda-beda. Ada yang sangat rendah hingga sangat tinggi. 
Nah, BPK yang rendah adalah salah satu penyebab minimnya pendapatan dari adsense. Tentu saja solusinya adalah tingkatkan harga BPK anda. Bagaimana sih caranya meningkatkan BPK? Pertanyaan yang bagus. Untuk meningkatkan BPK, itu dimulai dari saat sebelum anda membuat konten atau artikel. Sebagian dari anda mungkin bingung dengan pernyataan ini. Maksud saya dari sebelum membuat artikel adalah anda harus membidik HPK (High Paying Keyword). HPK adalah keyword yang memiliki nilai BPK yang tinggi. Sebenarnya kita sebagai penayang adsense tidak tahu berapa nilai BPK yang sebenarnya, karena itu kesepakatan antara Google dengan Pengiklan (Advertiser). Nah keyword yang dibayar mahal pasti akan mendongkrak pendapatan adsense anda. Namun, itu bukan satu-satunya solusi. Solusi lain adalah dengan memgatur jumlah iklan. BPK dan jumlah unit iklan memiliki hubungan yang terbalik. Artinya, semakin banyak unit iklan yang tampil pada blog anda, maka semakin rendah harga BPK nya. Misalnya anda memasang 3 iklan di blog anda dan harga BPK anda Rp 2.500,00. Maka, jika anda memasangnya menjadi 2 iklan, BPK anda bisa melebihi Rp. 2.500,00. Selain itu, anda juga bisa membuat channel khusus pada akun adsense anda. Ini berguna agar konten anda dan iklan menjadi relevan. Anda perlu mengetahui bahwa iklan yang relevan dengan konten akan memiliki BPK yang mahal karena advertiser mendapatkan target yang sesuai dengan produk mereka.

Mengatasi klik yang sedikit

Banyak blogger yang memiliki BPK tinggi tapi jumlah klik sedikit sehingga pendapatan adsense mereka sedikit dan jauh di bawah harapan. Akibatnya banyak blogger yang berbuat curang dengan mengklik iklan sendiri. Anda harus tau apa resiko terburuk dari mengklik iklan sendiri. Akun Adsense anda bisa di suspend atau bahkan di banned sekalian oleh Google. Cara yang tepat bukanlah dengan klik iklan sendiri tapi aturlah posisi unit iklan anda. Menurut saya, berdasarkan pengalaman pribadi, unit iklan yang terletak di dalam postingan lebih sesuai target. Mengapa? Karna visitor kita akan membaca artikel kita dan pasti melihat iklan kita. Pembaca akan berinteraksi dengan konten dan iklan kita. Tempatkan satu atau dua unit iklan di dalam postingan anda. Tapi penempatan iklan anda jangan sampai melanggar ketentuan dan kebijakan Adsense seperti berada di dekat gambar atau berada di dekat navigasi blog yang sulit.

Nah, mungkin sekian artikel saya tentang Cara Meningkatkan Pendapatan dari Adsense. Jadi inti untuk meningkatkan pendapatan anda dari Adsense adalah datangkan ribuan trafik ke blog anda dengan membuat konten unik, original, dan berkualitas lalu tingkatkan nilai BPK anda serta atur penempatan iklan di blog anda. Setelah semua berhasil anda terapkan, siap-siaplah merasakan pendapatan Adsense anda akan jauh meningkat....

Tags :
cara meningkatkan penghasilan adsense youtube
memaksimalkan pendapatan adsense
cara meningkatkan penghasilan blog  
cara klik iklan adsense sendiri
     agar adsense banyak yang klik
     cara meningkatkan hasil adsense
     cara meningkatkan pendapatan admob
     cara optimasi adsense blog


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Meningkatkan Pendapatan Dari Adsense"

  1. Artikelnya sangat membantu.. Jadi intinya yang saya dapat adalah semuanya bersumber dari Google yaa. Semuanya gratis dan kita cuma menyediakan konten yang terbaik saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang anda katakan memang betul. kita cuma buat konten terbaik saja

      Delete
  2. Ada pertanyaan yang ingin saya sampaikan,
    mengapa tidak anda pasang iklan adsense pada artikel anda

    ReplyDelete